Bloq ini hanya tentang ocehan, guyonan dan tidak pernah lebih dari hanya sedikit serius. Jangan diambil hati jika banyak nyindir dan jangan tiba-tiba merasa besar kepala jika hanya menyindir sedikit saja. Bukankah kata pujangga, hidup ini tidak lebih dari sekedar sandiwara...

duid palsu · 20051222

beberapa hari ini saya bersinggungan dengan duid palsu.
diawali dengan kegiatan ngobrol ngalor ngidul dengan customer service bank langganan yang diinterupsi oleh kehadiran nasabah lain yang komplain karena waktu narik duid dari atm ternyata ada satu lembar 50.000 yang ternyata palsu. duid yang ditengarai palsu tersebut tintanya mblobor yang menandakan bahwa kualitas tinta cetakan duid palsu tersebut sangatlah rendah.

kalo kemudian dipikir2, bagaimana ya kalo ngambil duid di atm ternyata dapat duid palsu, pastinya ndongkol dan pingin mencak2 sama bank. tapi apa daya, paling jawaban bank juga standar dan ngga mungkin dapat ganti khan?

beberapa hari berselang dari saat dimana saya melihat dan ikut berempati atas kejadian duid palsu pecahan 50.000 yang tintanya mblobor, hari ini saya menerima kembalian pecahan 5.000 palsu dari temen yang saya mintai tolong untuk beli indomie goreng di warung yang saya sendiri tidak tahu tempatnya.

nomor seri yang tertera di duid palsu tersebut adalah syv386451

temen tersebut tampaknya tidak menyadari bahwa di dapat kembalian duid palsu alias duid tinta mblobor. tanpa basa basi, duid itu saya examinasi dan teliti dengan metode 3d, dilihat diraba dan diremas, eh ditrawang. ternyata bener duid palsu. dilihat mblobor, diraba alus ditrawang ngga nongol gambar watermarknya en tidak ada benang pengamannya.

segera saya ambil duid 5.000 aslie boeatan peroem peroeri dan saya lakukan komparasi. setelah berkonsentrasi dan membolak balik beberapa kali, saya menjadi salut sama yang buat, duid palsu tersebut hampir mirip dengan aslinya.
memang sih ada beberapa bagian yang agak beda dari segi ukuran gambar dan huruf serta corak cetakan, tapi secara details sangat bagus.

yang jadi pertanyaan, kenapa cetak duid palsu pake tinta refill alias suntikan. khan kalo kena air ato kringet bisa mblobor dan ketahuan kalo duid palsu. dari sini bisa dikonklusikan kalo yang mencetak duid palsu ini modalnya cekak sehingga ngga kuat beli tinta original.

tapi untunglah cuma 5.000.
moga2 ngga dapat yang lebih besar.

Komentar [0]

kalo nulis komentar, url kamu ditulis juga ya...

0 komentar:

tulis komentar

« halaman awal